Mini bio Ray Bradbury

Ray Douglas Bradbury adalah sastrawan berkebangsaan Amerika Serikat yang terkenal akan karya-karya fiksinya seperti The Martian Chronicles pada 1950 dan Fahrenheit 451 pada 1953. Lahir di Waukegan, Illinois, ibunya imigran dari Swedia sedangkan ayahnya bekerja sebagai tukang listrik dan telepon. Wikipedia

Biodata

Nama : Ray Douglas Bradbury

Kelahiran: 22 Agustus 1920, Waukegan, Illinois, Amerika

Meninggal: 5 Juni 2012, Los Angeles, California, Amerika

Orang tua: Leonard Spaulding Bradbury, Esther Bradbury

Anak: Bettina F. Bradbury, Ramona Bradbury, Alexandra Bradbury, Susan Bradbury

Pasangan: Marguerite McClure (m. 1947–2003)

Kisah hidup

Bradbury besar dalam keluarga yang memiliki kesenangan yang sama yaitu karnaval, sulap dan fantasi hingga membawa pengaruh besar dalam dirinya untuk mengembangkan dunia sulap yang dia sukai tersebut.

Menurut penulis David Brin dalam jurnalnya berkata, “Tulisan Ray Bradbury hanya seputar misteri, sci-fi, horor, dan fantasi.”

Pada umur empat belas tahun, Bradbury bergabung dengan perkumpulan sastrawan sci-fi dan bertemu orang-orang baru.

Masih menurut David Brin “Pada usia empat belas tahun, setelah pindah dari Waukegan,Illinois ke Los Angeles, Bradbury bergabung dengan perkumpulan Fiksi Ilmiah yang baru lahir, di mana dia bertemu dengan penulis baru yang menerbitkan majalah fanzine dan sci-fi yang terus berkembang.” (Brin, 2012)

Bradbury memulai kepenulisannya pada tahun 1940-an. Kemudian, ia mulai menulis karya dengan genre fantasi-nya pada tahun 1947 dengan judul Jack in the Box.

Di sini ia berhasil membuat cerita dengan menggambarkan adanya dua dunia, yaitu dunia nyata dan dunia imajinasi. Ia menggambarkan bagaimana karakter utama dalam cerita itu seperti terseret ke dunia fantasi tersebut.

READ  Tokoh Islam yang Berpengaruh

Ray Bradbury tutup usia di kediamannya, Los Angeles pada tanggal 15 Juni 2012, setelah mengalami sakit yang cukup parah. Dia menjadi inspirasi bagi para sastrawan atau penulis khususnya penggemar sci-fi.

Karya-Karya Ray Bradbury

Ray Bradbury merupakan penulis dengan genre science fiction (Sci-Fi) di mana Sci-fi sendiri merupakan sebuah genre yang menjadi kegemaran masyarakat khususnya para remaja.

Beberapa karyanya yang sangat terkenal adalah :

  • The Martian Chronicles (1950),
  • The Veldt (1950),
  • The Illus-trated Man (1951), dan
  • Fahrenheit 451 (1953).

Karya Ray Bradbury yang masuk bioskop

Itu Datang dari Luar Angkasa (1953)

Moby Dick (1956)

Fahrenheit 451 (1966)

Musim Panas Picasso (1969)

The Illustrated Man (1969)

Karnaval kegelapan (1983)

The Veldt

The Veldt merupakan karya bergenre sci-fi yang cukup fenomenal. Karya ini terbit pada tahun 1950 di The Saturday Evening Post yang merupakan salah satu media cetak di Amerika.

Bercerita tentang canggih nya sebuah teknologi tiga dimensi, sehingga terlihat seperti nyata. Walau teknologi yang dimiliki oleh karakter utama dalam cerita tersebut memiliki dampak negatif untuk mereka.

Dalam The Veldt, secara terang-terangan dia menyampaikan tentang bahayanya ketergantungan pada teknologi maju. Dan faktanya, selama hidup Ray Bradbury tidak pernah percaya atau bahkan menggunakan teknologi-teknologi terkini.

Dia tidak mengendarai atau bahkan memiliki mobil termasuk alat-alat untuk membantunya menulis seperti komputer atau mesin ketik.

Fahrenheit 451

Ada keheningan yang berkumpul di sekitar api unggun itu dan keheningan ada di wajah orang-orang itu, dan waktu itu ada di sana, cukup lama untuk duduk di jalan berjamur di bawah pepohonan, dengan dunia dan memutarnya dengan mata Anda, seolah-olah sepotong baja yang dibentuk orang-orang itu diikat ke tengah api. Bukan hanya apinya yang berbeda. Begitu juga dengan keheningan. Montag pindah ke keheningan khusus itu, terkait dengan segala sesuatu di dunia. “

Fahrenheit 415

Inspirasi

Dalam kehidupan seorang Ray Bradbury, ada salah satu sastrawan yang sangat mempengaruhi penulisannya, khususnya yang berkaitan dengan genre sci-fi. Dialah Edgar Allan Poe atau akrab dengan panggilan Poe, seorang sastrawan atau penulis yang sangat terkenal, bahkan jauh sebelum dia lahir.

READ  Piala Dunia 2022 dan Bintang Terakhir

Menurut hasil wawancara oleh Barbara Cantaulupo, yang merupakan profesor di Universitas Negeri Pennsylvania, Bradbury adalah seorang anak yang tumbuh dengan karya-karya seorang Poe.

Demikianlah, Kawan Bintang sekelumit kisah Ray Bradbury, seorang penulis genre science fiction selain Jules Verne. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu semua, ya Kawan. Dan jangan lupa baca tulisan-tulisan saya yang lain di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *