Destinasi Pantai di Kota Tegal

Yuhuuuuyyyy udah mau Desember lagi donk.. Artinya sebentar lagi liburan akhir tahun. Hmmm sudah merencanakan mau ke mana nie, Kawan Bintang semua? Aku mau rekomendasikan destinasi pantai di kotaku yang lumayan banget buat menyegarkan pikiran, menghirup udara segar sambil mendengarkan suara ombak yang tak pernah lelah menghantam bibir pantai.
Kawan Bintang, kamu tau nggak? Kalo kotaku itu letaknya di jalur Pantura Pulau Jawa. Yes. Kota Tegal.
Nah karen letaknya di pesisir Pantura, so destinasi wisata yang ada di kotaku ini hanyalah pantai dan pantai. Mau tau apa saja pantai di kotaku? Yuks kita lanjut..

Destinasi Pantai di Kota Tegal

Destinasi pantai di Kota Tegal ada beberapa jumlahnya. Letaknya yang saling berdekatan satu sama lain membuat kamu tak butuh waktu lama bila ingin menjelajahi semuanya. Kebetulan kota Tegal juga kecil ya, Kawan.
Pada tulisan kali ini saya hendak membahas satu persatu pantai-pantai  yang ada di kotaku, sebuah kota kecil di provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan dialek ngapaknya. Ya. Kota Tegal.
Kota Tegal merupakan salah satu kota yang berada di pesisir utara Laut Jawa. Karena letaknya yang persis di pantai Utara Laut Jawa, sehingga Kota Tegal memiliki destinasi pantai yang lumayan bagus untuk mengistirahatkan mata kamu. 
 
 
 

Sejarah Kota Tegal

 
Kota Tegal dibangun oleh Ki Gede Sebayu. Penobatan Ki Gede Sebayu sebagai pemimpin tertinggi di wilayah Tegal  dilakukan bersamaan dengan festival tradisional setelah panen besar yakni 12 April 1580. Sehingga tanggal penobatan tersebut akhirnya menjadi hari lahir Kota Tegal. Nah, sudah tua bukan? Sudah berumur 442 tahun lho kotaku ini.
 

Destinasi Pantai

 
Sudah setua itu kotaku, tentu saja sudah semakin banyak perkembangannya. Termasuk di antaranya adalah pantai wisatanya, karena lokasi Kota Tegal ada di pesisir pantai Utara Laut Jawa. Sehingga destinasi wisata yang ada di Kota Tegal adalah destinasi pantai.
 
Apa saja pantai yang ada di Kota Tegal? 
 
Ciri umum dari pantai yang ada di pesisir utara Laut Jawa ini adalah pasirnya yang berwarna  coklat kehitamam dengan bentuk pantai yang landai dan ombaknya yang tenang. Tentu saja bikin adem kita yang menatapnya..
 
Pantai apa saja yang ada di Tegal?
Mari kita bahas satu persatu dari ujung barat hingga ujung timur Kota Tegal :
 

1. Pantai Muara Reja Indah

 
 
Wisata pantai di Tegalp
Pantai Muara Reja
Terletak di Kelurahan Muara Reja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, pantai ini memiliki lahan yang begitu luas. Sebelum memasuki kawasan pantai, kita melewati area tambak yang luas. Penduduk yang tinggal di sekitar pantai bermatapencaharian sebagai petani tambak dan nelayan. Ada juga dari mereka yang berdagang di sepanjang tepi pantai dengan membuka warung makan dengan fasilitas yang memanjakan para pengunjung pantai, seperti WiFi dan tempat bermain anak. 
 
 
Pantai di Kota Tegal
Pantai Muara Reja Indah
HTM nya murah lho.. Hanya Rp. 3.000 saja per orang.. 
 
 

2. Pantai Alam Indah

 
 
Pantai di kota Tegal
Pantai Alam Indah
 
Destinasi wisata yang sudah ada sejak jaman baheula ini merupakan kebanggaan warga Kota Tegal. Kalo ke Tegal, belum sah rasanya kalo belum main ke PAI ini. 
 
 
Pantai Alam Indah sudah ada sejak jaman kakek nenek kita. Atau malah lebih ya? Terletak di Kelurahan Mintaragen Kota Tegal, pantai memiliki pemandangan yang menyegarkan. Banyaknya pepohonan  di sepanjang pantai, membuat suasana menjadi terasa tidak panas. Begitu jug keberadaan hutan mangrove di sisi timur lokasi wisata ini, dengan taman bermainnya yang memanjakan anak-anak. Teduh, adem dan membuat damai. 
 
Di tengah pantai ada dermaga apung yang memiliki sensasi tersendiri saat menaikinya. Tubuh kita seakan dipermainkan ombak yang menghantam bibir pantai, membuat tubuh terasa oleng ke kanan dan ke kiri.
 
Di sini, puluhan warung makan berjejer rapi di sepanjang lokasi wisata. Kamu juga bisa menikmati warung lesehan yang menyuguhkan aneka makanan dan minuman. Dari mulai seafood hingga menu tradisional kota Tegal yaitu lengko dan soto tauco nya. Ditambah mendoan dan es kelapa muda (degan), rasanya pasti yummy banget.
 
 
Destinasi Pantai di kota Tegal
Lesehan di Pantai Alam Indah
HTM nya murah yaaa. Hanya Rp 3.000 per orang saja.
 
 

3. Pantai Batamsari, Pulo Komodo dan Pulo Kodok

 
 
Destinasi Pantai di kota Tegal
Pantai Pulo kodok
Tiga destinasi wisata ini terletak dalam satu wilayah. Menggunakan nama yang berbeda, sebagai pembatas wilayah per RW. Terletak di Kelurahan Mintaragen Kota Tegal.
 
Pemandangan disini juga tak kalah indah dan adem. Pepohonan sengaja ditanam di sepanjang lokasi wisata, demikian juga keberadaan saung-saung yang menyuguhkan aneka hidangan bagi para pengunjung.
 
 
kuliner di pantai kota Tegal
Kuliner di pantai
HTM nya juga murah lho. Cukup Rp 2.000 per orang.
 
Nah, itu dia destinasi pantai di kotaku. Setiap pagi, pantai-pantai tersebut ramai oleh mereka yang berolahraga, seperti jogging dan bersepeda. Barangkali lewat Tegal, silakan mampir yaaa. Sekedar melepas penat dan merecharge pikiran kita yang sudah sedemikan lelah oleh kehidupan. Ahahaha…
 
READ  Agrowisata Kaligua : Hijaunya kebun teh di Kaki Gunung Slamet

9 thoughts on “Destinasi Pantai di Kota Tegal

  1. Baru tahu kalau Kota Tegal juga punya banyak destinasi pantai yang bisa menjadi pilihan bagi semua orang, ga hanya yang di dalam kota, tapi yang dari luar kota juga bisa ya

  2. Ini gokil sih, Kakk. Di Lampung juga banyak sekali wisata pantai. Harganya tapi enggak sejangkau di Tegal. Di sini rata-rata di atas 10k dan lumayan jauh juga dari kota. Jadi kalau mau ke pantai harus dari pagi-pagi banget.

  3. Selama ini, kalau dengar/baca kata Tegal, yang langsung muncul dalam pikiranku adalah warung makan, wqwqwq. Dari tulisan Kak Eva, saya jadi tahu, nih, destinasi wisata pantai di Tegal. Aku suka deh lihat Tempat Lesehan di Pantai Alam Indah. Suasananya kayak hangat…hangat gimana gitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *